Banyak orang khususnya wanita mencari cara agar kulitnya putih dan berseri. Tentu ada banyak cara yang bisa dilakukan, namun pernahkah kamu berpikir apa sebenarnya yang menyebabkan kulit menjadi hitam? Bahkan orang yang sudah putih pun masih beresiko memiliki kulit yang gelap, jika tidak merawat kulitnya dengan baik.

Tentu ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kulit menjadi hitam atau gelap, selain faktor genetik tentunya. Faktor tersebut antara lain paparan sinar matahari, terpapar polusi dan debu yang ada di sekitar kita, pola hidup dan pola makan yang buruk, kondisi kehamilan dan malas membersihkan diri.

Agar kita bisa menemukan langkah yang tepat, kita perlu mengetahui faktor mana yang menjadikan kulit gelap. Dengan begitu penanganan lebih efisien dan tidak akan sulit untuk mendapatkan kulit yang putih. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memutihkan kulit yang bisa disesuaikan dengan penyebabnya ( Di lansir dari manfaatsehat.id ).

1. Menggunakan Masker Bengkoang

Bengkoang dikenal sebagai buah yang sangat efektif dalam memutihkan kulit. Manfaatnya bisa kita rasakan dengan memakannya langsung ataupun menjadikannya masker. Caranya, ambil satu buah bengkoang yang telah dikupas lalu parut hingga halus. Langsung aplikasikan ke kulit wajah atau bagian tubuh lainnya dan diamkan selama 15 menit.

2. Memakai Tabir Lotion dan Tabir Surya

Sinar ultraviolet dapat merangsang pembentukan pigmen yang dapat membuat kulit menjadi hitam. Jika kamu termasuk orang yang banyak beraktivitas di luar ruangan, rutinlah menggunakan lotion dan tabir surya untuk melindungi kulitmu dari sinar matahari. Dengan begitu kulit akan terjaga dan terhindar untuk menjadi gelap.

3. Menggunakan Scrub Alami

Kulit gelap bisa jadi dikarenakan kulit tertutup kotoran dan sel kulit mati sehingga terlihat kusam. Untuk mengatasinya, kita bisa menggunakan masker sekaligus scrub alami yang bisa dibuat sendiri. Caranya, peras satu buah lemon dan ambil airnya. Tambahkan satu sendok makan madu dan satu sendok makan gula pasir (bisa diganti dengan garam). Aduk hingga rata, lalu oleskan pada kulit sambil digosok-gosok agar daki terangkat. Setelah itu boleh dibilas dengan air bersih.

4. Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Pola makan yang salah dengan berlebihan mengkonsumsi makanan dan berminyak ternyata dapat menyebabkan kulit menjadi kusam. Agar kulit kembali putih berseri, batasi makanan tersebut dan rutinlah mengkonsumsi buah dan sayur. Buah dan sayur akan menutrisi kulit dari dalam dan membantu mencerahkan kulit.

Demikianlah cara memutihkan kulit dengan mengenali penyebabnya terlebih dahulu. Jangan lupa untuk membersihkan wajah secara rutin dan mandi minimal 2 kali sehari agar kulit bersih dan terawatt.