Sabun Herbal

Bagaimana Saponification Membuat Sabun

Sabun dan Reaksi Saponifikasi
Ini adalah contoh reaksi saponifikasi.
Ini adalah contoh reaksi saponifikasi. Todd Helmenstine
Salah satu reaksi kimia organik yang diketahui orang purba adalah persiapan sabun melalui reaksi yang disebut saponifikasi. Sabun alami adalah garam natrium atau kalium dari asam lemak, yang semula dibuat dengan lemak mendidih atau lemak hewani lainnya bersama dengan alkali atau kalium (kalium hidroksida). Hidrolisis lemak dan minyak terjadi, menghasilkan gliserol dan sabun mentah.

Dalam industri pembuatan sabun, lemak (lemak dari hewan seperti sapi dan domba) atau lemak nabati dipanaskan dengan sodium hidroksida. Setelah reaksi saponifikasi selesai, natrium klorida ditambahkan untuk mengendapkan sabun. Lapisan air diambil dari bagian atas campuran dan gliserol dipulihkan dengan menggunakan distilasi vakum.

Sabun kasar yang diperoleh dari reaksi saponifikasi mengandung natrium klorida, natrium hidroksida, dan gliserol. Pengotor ini dikeluarkan dengan merebus dadih sabun mentah di air dan mengeringkan sabun dengan garam. Setelah proses pemurnian diulang beberapa kali, sabun bisa digunakan sebagai pembersih industri yang murah. Pasir atau batu apung bisa ditambahkan untuk menghasilkan sabun gosok. Perawatan lainnya dapat menyebabkan sabun cuci tangan, kosmetik, cairan, dan sabun lainnya.

Bisnis Terbaru