Selain ASI, bayi memerlukan makanan pendamping ASI yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh bayi. Karena semakin bertambahnya usia si kecil, kini memerlukan kebutuhan nutrisi yang lengkap dan seimbang. Menjaga kesehatan pada tidak hanya melalui makanannya saja, menjaga kesehatan fisik bayi juga sangatlah diperlukan. Misalnya dalam menjaga kesehatan kulit dan juga rambut, gunakan Zwitsal sebagai upaya menjaga kesehatan sejak dini. Hal ini tentunya juga sangat baik untuk kebutuhan yang akan datang.

Berbicara mengenai makanan pendamping pada bayi, memberikan MPASI juga harus sabar. Karena bayi butuh penyesuaian untuk tahap awalnya, tak heran bahwa banyak bayi yang belum bisa mengkonsumsi makanan seperti yang bunda harapkan. Hal ini memanglah wajar untuk tahap pertamanya, dan anda para orang tua tidak perlu khawatir dan hanya perlu ekstra sabar dalam menghadapi bayi yang sulit mengkonsumsi makanan pendamping ASI. Para orang tua juga harus dirasa cukup pandai dalam memberikan makanan, karena jika tidak makanan bayi tersebut mampu membuat alergi pada bayi anda.

Bagi anda yang bingung mengenai apa saja menu MPASI yang cocok oleh bayi, ini dia beberapa diantaranya yang direkomendasikan untuk anda : 

Berikut Rekomendasi Bebebarap Makanan Pendamping ASI

rekomendasi menu makanan pendamping ASI

Maksudnya ialah, makanan ini dibuat dengan 1 bahan saja tanpa menambahkan gula ataupun garam pada makanannya. Anda bisa mengganti / memperkenalkan makanan barunya dengan jaga waktu 3 – 5 hari. Hal ini bertujuan untuk mendeteksi makanan apa saja yang bisa menimbulkan alergi pada anak.

Sereal bayi juga termasuk makanan instan bagi bayi anda. Anda cukup menyeduhnya dengan ASI untuk membuatnya. Hal inilah yang sering banyak digunakan oleh para kalangan orang tua.

Jika bayi sudah dirasa cukup akrab dengan makanan pendamping ASI, mulailah dengan memperkenalkan makanan yang terbuat dari sayur / buah / daging secara bertahap. Berikan juga tekstur selembut mungkin pada bayi anda, karena sistem pencernaan pada bayi masih belum bekerja secara optimal dan masih butuh penyesuaian dalam mengolah makanan pertamanya.

Referensi Artikel: https://www.zwitsal.co.id/momen-pertama/mengenal-makanan-pendamping-asi-bersama-dr-hanipurnamasari-msimed-spa