Berwisata atau yang biasa disebut dengan traveling tidak hanya serta merta mengunjungi atau menikmati sebuah panorama keindahan alamnya saja, kita juga dapat mempelajari kebudayaan yang berada di daerah setempat termasuk jika anda berencana menghabiskan waktu liburan anda di suatu daerah di tana toraja. Jika anda memiliki rencana akan berlibur ke tana toraja maka tidak ada salahnya mencoba salah satu daya Tarik kebudayaan yang ada di kota itu yaitu mencoba pakaian adat toraja, dengan mencoba pakaian adat masyarakat toraja tersebut anda akan mengetahui bagaimana rasanya menjadi masyarakat atau penduduk setempat sejenak sekaligus menambah pengalaman anda sendiri.
Pakaian adat toraja ini secara sepintas hampir sama dengan pakaian adat yang dipakai suku-suku bugis namun ada beberapa souvenir yang tidak ditemukan pada masyarakat suku bugis. Sebelum anda mencoba pakaian adat suku dari tana toraja ini alangkah baiknya jika anda meminta kepada yang sudah ahli atau berpengalaman untuk memakaikannya, sebab jika sampai anda salah emmakai pakaian adat beserta souvenirnya maka anda akan ditegur oleh penduduk terutama tetua di suku toraja tersebut, bagi anda yang menyukai wisata budaya, momen mencoba pakaian adat seperti ini sangatlah menyenangkan dan menarik ditambah lagi jika anda diberi kesempatan mencoba berbagai perlengkapan sebagai pendukung penampilan anda.
Berikut di bawah ini adalah beberapa keunikan dari pakaian adat toraja yang harus anda coba kenakan saat berkunjung ke desa budaya ini selain menikmati wisata keindahan alamnya yang memukau anda juga harus mengetahui kebudayaan mereka :
1. Pakaian adat masyarakat toraja untuk wanita ini dilengkapi oleh aksesoris yang dijadikan rumbai-rumbai baju yang dinamakan kandaure, lipa’ dan gayang.
2. Pakaian adat ini juga sudah mengalami modifikasi dan pernah dikenakan dalam pagelaran budaya di ajang manhut internasional
3. Tak ada perbedaan pakaian adat antara masyarakat kasta atas sampai dengan enengah ke bawah
4. Untu laki-laki, pakaian yang digunakan cukup sederhana yakni mengenakan pakaian berwarna putih oren dengan semi tenun yang mereka buat sendiri serta memakai ikat kepala.

Pakaian adat toraja ini baik untuk laki-laki maupun perempuan sangat unik dan menarik untuk dicoba, jika anda berkunjung ke tana toraja cobalah untuk merasakan mengenakan pakaian adat tersebut. desain pakaiannya yang semi modern tentu akan nyaman dipakai oleh anda yang bukan berasal dari suku asli toraja karena pakaian adat mereka cocok dipakai siapapun, pakaian adat ini juga menjadi tujuan wisata favorit apalagi karena sudah pernah masuk dalam pagelaran pakaian adat internasional sehingga menimbulkan rasa penasaran para wisatawan untuk merasakan sendiri bagaimana sensasi mengenakan pakaian adat masyarakat toraja tersebut ketika berwisata.

Nah, bagi anda yang ingin berwisata ke tana toraja bisa hubungi penyedia paket tour ke toraja untuk kesini.