Instagram adalah salah satu platform media sosial terpanas saat ini dengan lebih dari 700 juta pengguna aktif bulanan, pemirsa yang lebih terlibat, dan persaingan kurang dari raksasa jejaring sosial lainnya seperti Twitter atau Facebook. Ini menyajikan peluang emas bagi bisnis untuk memasarkan produk mereka ke khalayak yang lebih tertarik dan ditargetkan tanpa mengeluarkan banyak uang untuk iklan berbayar. 

bisnes pemasaran online

Instagram business

Apakah strategi bisnis Anda memerlukan pembaruan atau Anda adalah pemula media sosial, 7 tip berikut untuk memulai bisnis Instagram akan sangat membantu:
1. Pengujian Beta (Dan Libatkan Komunitas)
Ketika Anda meluncurkan bisnis baru, penting untuk mendapatkan umpan balik mengenai konsep, ide, dan produk baru Anda pada tahap awal. Tetapi untuk membuat bisnis Anda sukses di Instagram, Anda ingin menyertakan anggota Instagram dalam pengujian Anda untuk umpan balik yang bermanfaat.

Pengujian beta adalah jenis pengujian dimana sampling dari khalayak yang dituju mencoba produk sebelum diluncurkan dalam skala luas. Tujuan pengujian beta adalah menempatkan aplikasi Anda di tangan pengguna sebenarnya di luar tim pengembangan bisnis Anda untuk tujuan menemukan kekurangan atau masalah apa pun pada versi final Anda.

2. Jadikan Instagram sebagai Hub Pemasaran Media Sosial Anda
Jika Anda berencana meluncurkan bisnis Anda di Instagram, penting untuk menjadikan Instagram Anda satu tempat untuk dikunjungi dengan informasi yang relevan mengenai penawaran produk, tanggal peluncuran dan hal lain yang ingin Anda bicarakan. Dengan mengalihkan semua lalu lintas ke akun Instagram Anda dari email, posting blog, dan situs web Anda, Anda akan memiliki awal untuk membangun komunitas Instagram Anda.

Ingatlah bahwa strategi ini mungkin bukan yang terbaik untuk semua bisnis – beberapa bisnis mungkin ingin mengalihkan lalu lintas mereka ke halaman pendaftaran buletin, misalnya – namun, jika tujuan Anda adalah untuk mengaduk Instagram, rencana terbaik Anda Tindakan adalah mendorong semua orang ke profil Instagram Anda sebelum meluncurkan produk atau layanan Anda.

“Engage, Enlighten, Dorong dan terutama … jadilah dirimu sendiri! Media sosial adalah usaha masyarakat, setiap orang adalah aset. “- Susan Cooper

3. Buat Buzz Sebelum Anda Luncurkan
Menjaga pelanggan Anda yang tertarik dengan produk atau layanan Anda merupakan bagian penting dari strategi pemasaran yang efektif. Reward pengikut setia Anda dengan konten eksklusif, dan biarkan mereka menjadi orang pertama yang tahu tentang produk baru, acara atau layanan Anda. Buat berbagai foto penggoda yang menyenangkan dan menarik atau trailer yang akan membangkitkan antisipasi atau memuaskan rasa ingin tahu untuk toko baru, bukaan kantor atau rilis Anda. Jenis screening ini membuat pengikut Instagram Anda merasa penasaran dan spesial, dan cenderung terus datang kembali untuk mendapatkan informasi orang dalam.

4. Buat Pratinjau Eye-catching dari Umpan Instagram Anda
Sebelum Anda mulai menarik pengikut baru ke akun Instagram Anda, pastikan itu dalam kondisi terbaik. Anda seharusnya tidak memiliki profil kosong saat mengirim pengikut, keluarga, dan teman ke saluran Instagram karena memberi kesan buruk. Anda seharusnya sudah mengunggah 4 sampai 5 posting untuk memberi mereka gagasan tentang apa yang diharapkan dari Anda, bersama dengan konten visual yang menawan yang mengkomunikasikan bisnis merek Anda.

Biasakan memperbarui bagian bio Anda sesekali, dan pikirkan cara kreatif untuk menggunakan kesempatan itu untuk kebaikan Anda sendiri. Pikirkan, unduhan aplikasi, pembelian atau pendaftaran acara. Instagram juga telah memperkenalkan pilihan untuk menambahkan nomor telepon di bios, terutama untuk bisnis melalui profil Instagram Business.

5. Pilih Nama yang Tepat
Hal penting lainnya yang bertindak sebagai faktor make atau break bagi banyak calon konsumen adalah nama Instagram Anda. Selain menginginkan username Instagram yang sudah tersedia, Anda juga ingin memikirkan tentang hashtag.

Karena skema hashtag yang kreatif dipopulerkan dengan cepat, memiliki hashtag bermerek dinamis yang benar-benar diinginkan oleh pengikut dan pelanggan Anda adalah kunci kesuksesan saat mengembangkan bisnis Instagram. Jika Anda memulai bisnis baru, Anda memerlukan nama merek yang berfungsi ganda sebagai hashtag bercita-cita karena ini bisa menjadi pot emas di akhir kemuliaan Instagram Anda.

6. Menawarkan Instagram-Specific Rewards
Setelah Anda membangun basis penggemar Instagram dan memiliki umpan Instagram pembunuh, Anda ingin mempertahankan pengikut dan komunitas Anda, dan ini hanya dapat dilakukan dengan membuat mereka terlibat dan ingin tahu tentang merek Anda. Cara mudah untuk melakukannya adalah dengan menawarkan hadiah khusus Instagram, diskon insentif, atau tunjangan. Entah itu hadiah yang hanya bisa ditemukan oleh pengikut Anda di Instagram, atau hadiah Instagram, memberi sedikit banyak jaminan.

Ide bagus lainnya adalah menyelenggarakan kontes Instagram, karena ini akan membantu Anda membangun basis penggemar, meningkatkan kesadaran, meningkatkan keterlibatan dan meningkatkan penjualan. Ada berbagai cara untuk menjadi tuan rumah kontes, dan yang terbaik akan bergantung pada audiens Anda.

“Media sosial adalah tentang orang-orang! Bukan tentang bisnis Anda. Menyediakan untuk orang-orang dan orang-orang akan memberi Anda. “- Matt Goulart

7. Jangan Lupakan Hashtag
Memperluas bisnis Instagram membutuhkan tekad, kesabaran, dan perencanaan yang tepat. Penjadwalan posting Instagram Anda sebelumnya adalah cara yang baik untuk menjaga bisnis Anda tetap teratur dan di depan persaingan. Begitu Anda meluncurkan bisnis Anda, Anda akan ingin berinvestasi dalam berhubungan dengan Instagrammers lainnya dengan bantuan hashtag. Untuk melakukan ini, Anda harus terlebih dahulu menemukan hashtag yang ditayangkan pemirsa Anda. Selanjutnya, Anda perlu mulai menggunakan hashtag di posting Anda sehingga orang dapat menemukan Anda.

Hashtagging adalah cara yang bagus untuk menyampaikan ajakan bertindak yang kuat. Saat Anda memposting konten untuk akun Instagram Anda, pastikan semua posting menyertakan ajakan bertindak yang kuat dalam bentuk hashtag yang relevan. Beberapa bentuk ajakan bertindak yang populer di Instagram yang dapat Anda ajukan kepada pengikut Anda untuk memasukkannya termasuk “ketukan ganda”, “memberi tag pada teman di pos”, dan “mendaftar hari ini secara gratis” untuk menerima buletin / email. Instagram memungkinkan minimal 30 hashtag per posting, namun banyak pengguna gagal memaksimalkan kemampuan ini.