keluarnya dajjalDajjal adalah tokoh utama di akhir zaman kelak. Bahkan menurut sabda Nabi Muhammad SAW, munculnya makhluk ini adalah tanda yang besar menjelang kiamat. Artinya keluarnya dajjal yang muncul di hadapan para manusia itu menandakan kiamat akan datang sebentar lagi. Walaupun kita tidak bisa memprediksi kapankah kiamat itu akan datang kecuali Allah SWT.

Tanda-tanda kiamat seperti munculnya dajjal dan imam mahdi menjadi sesuatu yang diperbincangkan banyak kalangan masyarakat. Ada sebagian yang khawatir dan takut tapi ada sebagian lagi yang menganggap itu omong kosong. Mau percaya atau tidak tetap anda harus percaya bahwa hari akhir itu akan tiba. Tapi, apakah anda tahu sosok apakah dajjal itu? Mari kita ulas selengkapnya dalam fakta-fakta seputar dajjal.

5 Fakta Menarik Keluarnya Dajjal Sebagai Tanda Hari Kiamat

Kapan si dajjal itu akan muncul? Pertanyaan ini menjadi salah satu pembahasan yang menarik karena isu mengenai keluarnya dajjal sudah merebak luas di masyarakat. lalu apa saja fakta-fakta menarik yang berhubungan dengan dajjal? Yuk kita lihat

  1. Tempat Keluarnya Dajjal

Dalam sabda Nabi Muhammad SAW sebagai berikut

Tempat Tanda munculnya dajjal menurut al-Quran adalah dari negeri persia yang disebut dengan khurasan. Namun merunut hadist lain dari An-Nawas bin Sam’an menyebutkan bahwa dajjal baru akan terlihat dengan jelas saat sampai di suatu tempat antara negara Irak dan Syam.

  1. Dajjal Tidak Akan Bisa Masuk ke Dua Kota Suci

Dimana keberadaan dajjal saat ini? tidak ada yang bisa menjawab hal itu dan hanya Allah yang maha mengetahui akan perihal keluarnya dajjal ke muka bumi. Dajjal diperkirakan akan muncul dari Ashbahan dan akan terus berpindah – pindah menyelusuri muka bumi ini. Tidak akan ada satu kota pun yang akan dilewatkanya kecuali dua kota suci yaitu Makkah dan Madinah, karena kedua kota ini dilindungi oleh para malaikat. Mengapa demikian? Dajjal tidak akan pernah bisa masuk ke kota-kota ini karena malaikat akan menghadangnya. Hal ini juga tertera dalam suatu hadist riwayat Fatimah bin Qois sebagai berikut

  1. Dajjal Tidak Akan Bisa Memasuki 4 Masjid

Fakta ketiga mengenai keluarnya dajjal di muka bumi ini adalah dajjal tidak akan bisa masuk ke dalam 4 masjid yang sudah ada dalam hadist Rosulullah SAW yaitu Masjid Ka’bah atau Masjidil Haram, Masjid Nabawi, Masjil Al-Aqsa dan Masjid Ath-Thur. Hadist itu berbunyi :

  1. Lama Tinggal Dajjal di Bumi

Berapa lama dajjal akan tinggal di muka bumi ini? Para sahabat rosul menanyakan hal ini kepada Nabi Muhammad SAW perihal tentang ini. Lalu kemudian Beliau bersabda bahwa dajjal akan tinggal di bumi selama 40 hari yang dimana satu harinya akan serasa seperti setahun, satu harinya lagi serasa sebulan, satu harinya lagi akan seperti satu minggu dan satu harinya lagi seperti sehari-hari dirasakan.

  1. Kejadian -Kejadian sebelum Munculnya Dajjal

Ada beberapa tanda kemunculan dajjal menurut islam yang dimana Nabi Muhammad SAW sendiri yang mengabarkanya. Ada 3 kejadian sebelum keluarnya dajjal di muka bumi ini yaitu banyaknya kaum muslimin yang tewas saat melawan bangsa Romawi. Kemudian yang kedua adalah kemenangan yang diperoleh oleh kaum muslimin. Dalam hadist Nafi’ bin Utbah RA disebutkan bahwa kamu muslimin ini akan berperang melawan jazirah Arab dan Allah akan memberikan kemenangan lalu kemudian berperang kembali melawan Dajjal dan Allah juga memberikan kemenangan. Yang ketiga adalah ketika kaum muslimin bisa menguasai Konstantinopel dan yang terakhir adalah manusia akan mendapatkan musibah musim paceklik yang sangat dahsyat hingga mengalami kelaparan.

Berikut fakta-fakta menarik seputar keluarnya dajjal di muka bumi ini. Bersiap-siaplah untuk menghadapi Dajjal dengan teguhkan iman dan ketakwaan kita kepada Allah SWT.