Smartphone adalah sebuah gadget yang memiliki sisi positif dan negatif. Di tahun 2017 pengguna smartphone meningkat 100% dari tahun 2010, Anak kecil hingga orang dewasa kini hampir semuanya memegang smartphone. Smartphone mempunyai fitur canggih yang membuat pekerjaan kita terasa lebih cepat dan praktis contohnya notepad, karkulator, alarm, kamus, dan masih banyak lagi. Namun dengan banyak orang memakai smartphone kebanyakan orang tidak bisa mengontrol penggunaan smartphone, Di Indonesia contohnya banyak anak – anak sampai remaja menghabiskan lebih dari 5 jam hanya untuk mentap smartphone mereka itu adalah hal yang tidak baik apabila di lakukan setiap hari. Inilah alasan kamu harus mengurangi penggunaan smartphone sejak dini.

1.Tidur Menjadi lebih tenang

Jujur saja kalian saat ingin tidur pasti akan membuka smartphone kalian dulu, membuka timline di sosial media seperti Facebook dan Instagram. Browsing sesuatu yang tidak jelas dan masih banyak lagi. Terlalu banyak menggunakan smartphone bisa membuat tidur kita tidak jelas, karena ketika kita ingin tidur tanpa disadari kita selalu memikirkan smartphone kita.

2.Membuat Kualitas waktu dengan keluarga dan teman

Dengan kita menguragi penggunaan smartphone kita menjadi orang yang seperti tidak saling kenal. Ketika kita sedang berkumpul semua orang selalu memainkan gadgetnya masihng – masing dan itu sangan menjengkelkan. Dengan kita mengurangi penggunaan smartphone kita bisa membuat quality time yang lebih banyak dan berarti.

3.Tidak ketergantungan

Hal yang paling terasa dalam mengurangi penggunaan smartphone adalah kita tidak akan ketergantungan dengan smartphone, contohnya apbila kita ingin bangun tidur tepat waktu pasti memerlukan yang namanya alarm atau menghitung sesuatu hal yang kecil pasti kita akan memakai karkulator di smartphone kita, dan ketika kita disuruh membuat catatan kita malah mempoto tulisan itu. Menurut saya hal di atas adalah hal-hal yang memang harus kita lakukan dengan usaha kita sendiri, dengan usaha sendiri jauh lebih terasa dampak nya ketibang kita menggunakan alat bantu dalam kegiatan sehari – hari.

Itulah 3 hal mendasar yang kita dapat apbila kita mengurangi penggunaan smartphone kita sejak dini, sayangi tubuh anda salah satunya dengan mengurangi penggunaan gadget yang berlebihan.

sumber aritkel: Kelaskedua.com