Hari raya idul adha sebentar lagi, bahkan sudah berada di depan mata. Jika kita menghitungnya, hari raya akan dirayakan beberapa minggu lagi. apakah Anda sudah menyiapkan atau membeli hewan kurban? Dari tahun ke tahun harga hewan kurban memang semakin mahal, harga kambing kurban 2017 ini saja sudah berada di angka yang cukup tinggi. lantas, bagaimana caranya kita menyiapkan kekurangan uang saat ingin membeli hewan kurban? Ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti.

 

Pertama, menabung. Bagaimana menabung dalam waktu yang singkat? Anda bisa menyisihkan penghasilan Anda sehari sebesar Rp 30.000. dalam waktu 1 bulan Anda sudah berhasil mengumpulkan uang sebesar Rp 900 ribuan. Uang ini bisa Anda gunakan untuk tambahan pembelian hewan kurban. Jika menggunakan cara ini, Anda harus benar-benar konsekuen, dan memiliki niat yang kuat. Jika niat yang dimiliki kurang kuat, hanya beberapa hari Anda akan merasa berat untuk menabungnya. Selain itu pikirkan kebutuhan Anda, apakah kebutuhan Anda sudah bisa dipenuhi?

 

Kedua, cari pekerjaan sampingan. Jika sudah menabung selama sebulan penuh, dan uang tersebut kurang cukup untuk membeli kambing atau domba, Anda harus mencari pekerjaan sampingan. Apapun pekerjaan bisa Anda lakukan. Jika Anda memiliki keahlian seperti mendesain, Anda bisa membuka jasa desain, atau freelance marketing bisa seperti marketing properti hingga produk. Anda bisa menargetkan penghasilan Rp 300 ribuan per minggu melalui pekerjaan tambahan Anda, selama kurang lebih 4 minggu Anda sudah bisa mendapatkan uang sebesar Rp 1,2 jutaan. melalui pekerjaan sampingan dan tabungan tersebut Anda sudah memiliki dana untuk membeli seekor kambing. Sayangnya, saat ingin membeli harga kambing sudah melambung begitu tinggi. lantas bagaimana cara untuk mengatasinya?

 

Anda bisa membeli banyak bersama dengan teman-teman. Karena harga seekor kambing bisa mengalami kenaikan, untuk mensiasati harga ini, tidak ada salahnya Anda berburu dengan teman-teman sampai ke luar kota atau pergi ke daerah yang cukup jauh dari kota. Biasanya daerah yang masih berada di pedesaan memiliki harga yang cukup murah. jika ingin kurban sapi, Anda hanya perlu patungan bersama dengan teman-teman,. Biasanya untuk seekor sapi ada 7 orang, sehingga Anda tinggal mengajak 6 teman Anda.

 

Setelah tahun ini berhasil berkurban, Anda tinggal siap-siap untuk tahun depan. Anda bisa tetap menggunakan cara-cara di atas untuk kurban tahun depan. Asalkan perencanaannya benar-benar matang, selain itu Anda juga benar-benar berniat untuk melakukan ibadah kurban ini. cara-cara seperti ini akan membuat Anda lebih hemat dan tenang di tahun mendatang. Bahkan setelah awal tahun, Anda bisa langsung membeli dan mendapatkan harga yang cukup murah untuk kurban di tahun berikutnya.