Free Download Template Invoice Excel dan Doc

Invoice turut sering digunakan semenjak perekonomian dan sistem jual beli berkembang menjadi sesuatu yang lebih modern. Banyak faktor penyebab terjadinya hal seperti ini seperti sifat manusia yang tak pernah puas dan tak suka monoton, turut terus melakukan perubahan yang semakin lama memberi pengaruh pula pada jumlah kapasitas kebutuhan yang harus terpenuhi. Semakin banyaknya jumlah manusia yang tentu membuat kebutuhan akan output pun semakin besar dan diperlukan sistem jual beli khusus yang bukan hanya sekedar pertemuan langsung antara penjual dan pembeli.

Bisnis masa kini yang semakin meluas dan besar tentu membutuhkan perantara yang meyakinkan selama jual beli, sesuatu yang bisa meminimalisir terjadinya ketidakstabilan keuangan yang tentu merupakan resiko utama yang pasti selalu dihadapi oleh setiap usahawan atau bisnis manapun. Salah satu sarana yang membantu dalam sistem perekonomian ini adalah invoice. Invoice bukanlah suatu hal yang asing bagi masyarakat, terutama yang sudah terbiasa menggeluti bidang bisnis. Template invoice pun kini bisa ditemukan dimana-mana di internet termasuk disini.

Free Download Template Invoice Excel dan Doc
Free Download Template Invoice Excel dan Doc

Hal ini membuktikan bahwa invoice memiliki fungsi penting bagi keberlangsungannya suatu usaha terutama saat sesi transaksi. Meskipun hanya secarik kertas, invoice turut memberi manfaat yang besar karena merupakan salah satu komponen yang turut membantu dalam menjaga kestabilan suatu perusahaan. Invoice sendiri turut bermanfaat pula bagi berbagai kalangan masyarakat. Bahkan bagi anda yang bukan seorang wirausahawan pun sebetulnya sering berjumpa dengan invoice ini hanya saja mungkin dengan istilah yang berbeda. Invoice turut sering digunakan dimanapun dan kapanpun saat transaksi terjadi.

Rasanya hampir mustahil bila ada masyarakat yang sama sekali tak mengenal invoice, karena di setiap jual beli manapun invoice selalu diberikan pada pembeli. Bagi yang belum terbayang juga seperti apa itu invoice, setidaknya pernakah anda mendapatkan kertas berisi daftar barang beserta total harga yang harus/sudah dibayar dari kasir market terdekat anda? Itu adalah contoh sederhana dari template invoice, anda mungkin lebih mengenalnya dengan sebutan BON. Atau mungkin di suatu toko anda pernah diberik kertas dengan isi yang sama? Seperti itulah invoice yang dimaksud.

Invoice atau Bahasa Indonesia nya lebih dikenal dengan sebutan faktur adalah suatu surat berisi daftar item beserta total cost yang harus dibayar oleh pelanggan, dimana kertas tersebut bisa berfungsi sebagai surat bukti pembelian atau sebagai surat bukti piutang bagi suatu perusahaan bilamana ada salah satu client nya yang belum membayar barang tersebut. Invoice sendiri bisa digunakan pula sebagai surat bukti bilamana barang yang dikirim kualitasnya tak sesuai harapan client, maka orang tersebut berhak mengembalikan/setengah menerima/ minta perbaikan pada barang yang dibeli melalui surat tersebut.

Bila anda melihat sekilas mengenai invoice, faktur ini terdiri dari beberapa struktur isi yaitu sebagai berikut :

Kurang lebih seperti itulah isi dari template invoice, namun tentu saja tidak semua jenis invoice wajib harus ada semua komponen itu. Invoice selalu berbeda-beda tergantung tujuan dan kebutuhan bagi pihak perusahaannya.

Download Contoh Invoice Sederhana Doc dan Excel

Bagi anda yang merasa membutuhkan invoice untuk transaksi di bisnis anda, ada banyak sekali beragam file invoice yang bisa anda download disini.