Bunga dandelion adalah bunga yang tidak dilihat oleh orang biasanya, alasannya karena gak indah sama sekali, warnanya putih seperti kapas. Tangkainya yang kecil dan seerhana dapat tumbuh dimana saja, tergantung dimana benihnya jatuh. Serpihan-serpihan kecil bunganya yang ringan akan terbang terbawa angin dan menyebar kemana pun ia mau, yang akhirnya akan tumbuh menjadi bunga baru di tempat ia jatuh dan membawa kehidupan baru. Bunga dandelion, terlihat sangat rapuh, namun sangat kuat, sangat indah, dan juga memiliki arti yang dalam. Kuat menentang angin, terbang tinggi dan menjelajah angkasa dan akhirnya hingga di suatu tempat untuk tumbuh menjadi kehidupan baru.

Dandelion tidak tumbuh sebagai bunga hias yang biasa berada dalam taman-taman kota menunjukan keindahannya kepada setiap orang, berbeda dengan dandelion yang hidup dan tumbuh di seitar ilalang yang jauh dari orang lain dan ilalang itu yang senantiasa menyembunyikannya dalam rerumputan, tetapi keindahannya tidak akan pernah tertutupi sekalipun ilalang telah menjadi bunga matahari. Dandelion tak akan mampu melawan angin yang akan terus berhembus menerbangkannya dan merubahnya menjadi suatu batang yang tegak. Tidak ada yang tahu kemana angin akan membawa kelopak dandelion itu hanya kelopak dan angin yang tahu kemana akan membawanya. Tetapi suatu saat dandelion akan tumbuh kembali seperti bunga yang cantik meskipun setiap kali angin akan menggugurkannya dan ilalang menyembunyikannya dalam senja, Kontraktor Pembuatan Taman.

Bunga dandelion ini tumbuh di tempat yang terduga. Kemana angin membawa dia, itulah tempat dimana dia akan tumbuh. Setelah tumbuh tiba waktunya untuk mekar dan ia merekahkan semua bunganya sehingga orang-orang dapat melihat bahwa ia sedang berbunga. Saat masa hidupnya selesai ia pun dapat menerbangkan semua bunganya, terasa begitu indah dan menenangkan. Membawa suasana yang nyaman bagi semua orang di sekitarnya. Dandelion mampu bertahan dalam segala cobaan. Walaupun bentuknya tidak seindah mawar merah, mungkin juga tidak harum seperti bunga melati. Tetapi dandelion dengan tangkai kecilnya yang sederhana mampu memberikan banyak arti dalam kehidupan ini.

Demikianlah penjelasan singkat tentang filosofi bunga dandelion, semoga dapat menambah informasi bagi anda.