Contoh Paragraf Narasi dan Penjelasan – Dalam materi pembelajaran bahasa pasti terdapat pembahsan mengenai narasi. Contoh paragraf narasi tersebut juga dapat kita teui sehati hari. Jenis paragraf ini berisi tentag penjelasan suatu barang maupun orang. Narasi tersebut juga berguna untuk menjelskan keadaan nyata mengeni waktu dan tempat terjadinya kejadian. Narasi tersebut biasanya menceritkan kejadian pada novel dan cerpen. Paragraf narasi merupakan sebuah paragraf yang berisi tentang kejadian atau cerita menggunakan unsur waktu. Kejadian yang terjadi dalam narasi dapat berupa kejadian nyata maupun imajinsi atau fiksi. Kali ini saya akan memberikan contoh paragraf narasi dengan jelas dan rinci.

Contoh Paragraf Narasi dan Penjelasan

Sebelum membahas mengenai contoh paragraf narasi, maka saya akan mejelaskan ciri ciri dan langkah penyusunan teks. Dalam sebuah paragraf terdapat gagasan utaa. Gagasn utama dalam teks narasi tidak selalu berada diawal kalimat namun berada diseluruh bagian paragraf. Paragraf arasi memiliki ciri ciri yang dapat membedakan jenis paragraf lainnya. Ciri cirinya yaitu memiliki sifat untuk menjelaskan atau menceritakan, bersumber dri fakta maupun imajinasi, dan berisi rangkaian kejadian. Paragraf narasi dapat dikembangkan dengan beberapa pola yang meliputi urutan waktu dan ruang. Dalam urutan waktu terdapat perisitiwa yang dijelakan dengan menggunakan pola urutan waktu.

Dalam contoh paragraf narasi ini memang menggunakan urutan waktu contohnya tahun ketahun, pagi ke pagi dan masih banyak lagi. Unuk urutabn ruang berisi tentang kejadian yang disusun dengan berdasar pada bagian suatu tempat. Contohny selatan e uatar, dari bagian dalam keluar, dan masih banyak lagi. Selanjutnya terdapat langkah penyusunan contoh paragraf naras yang meliputi perumusan tujuan, penentuan tema, pembuatan kerangka, pengembngan kerangka cerita, pengumpulan data maupun bahan cerita, penggunaan kata ulang, pengulangan kata dasar, penyuntingan paragraf dengan berdsr pada EYD, dan lain lain. Dalam pengulangan kata asar tersebut dapat dibagi menjadi dua yaitu pengualangan secara berimbuhan dan sebagian,

Pengulangan kata dalam contoh paragraf narasi berisi kata kata dasar misnya jalan jalan, makan akan, dan masih banyak lagi. Pengulangan secar berimbhan berii tentang proses imbuhan, misalnya sejauh jauhnya, sebanyak banyaknya, selama lamanya, kemerah merahan dan sebagainya. Untuk pengulanga sebagian hanya digunakan untuk mengulang kata berdasarkan suku katanya. Misalnya bertanya tanya, memanggil manggil, dan masih banyak lagi. Kata ulang tersebut dapat berati banyak misal burung burung, celana celana. Kata tersebut juga berarti beragam jenis isal buah buahan.