Seperti jenis penakit lain, pengobatan wasir dilakukan dengan dua metode yakni secara medis dan secara tradisional. Metode pengobatan secara medis seringkali dipilih karena tergolong cepat/instan, namun membutuhkan biaya yang mahal. Lantas jenis obat apa yang cocok untuk mengatasi wasir dan hal terkait lainnya?
Cara Mengobati Penyakit Wasir Secara Medis
1. Obat Oles
Obat oles seperti salep, krim, dan suppositoria banyak ditemukan di apotek. Obat jenis suppositoria ini biasanya dimasukkan kedalam anus secara langsung. Obat – obatan tersebut berfungsi untuk meredakan gejala pembengkakan dan rasa nyeri pada area anus. Sebaiknya obat ini tidak digunakan lebih dari satu minggu kecuali resep dari dokter. Namun, sayangnya obat ini memiliki efek samping seperti inflamasi dan ruam di area anus. Baca juga: jika ambeien kambuh

2. Obat Pencahar
Dalam beberapa kasus wasir, biasanya penderita mengalami sembelit atau konstipasi. Obat pencahar berfungsi untuk memperlancar proses buang air besar. Namun, penggunaan obat ini sebaiknya tidak berlebihan karena justru akan menyebabkan gangguan pencernaan.

3. Suntik Skleroterapi
Metode ini dilakukan dengan cara menyuntikan larutan kimia kedalam pembuluh darah pada anus. Setelah disuntik, jaringan wasir akan mengeras dan membentuk luka. Selanjutnya, wasir akan mengecil lalu menyusut dalam waktu sekitar satu setengah bulan.

Setelah melakukan penyuntikan, anda tidak boleh melakukan aktivitas yang terlalu berat seperti berolahraga. Ada saatnya anda merasakan nyeri dan pendarahan pasca penyuntikan. Namun, hal ini tidak berlangsung lama dan akan segera sembuh.

4. Koagulasi Menggunakan Inframerah
Pada beberapa kasus pasien wasir, banyak yang memilih pengobatan menggunakan sinar inframerah. Metode ini dilakukan dengan cara sinar inframerah dipancarkan pada jaringan wasir agar dapat memeotong aliran darah. Selain dengan inframerah, biasanya metode ini juga menggunakan aliran listrik. Metode pemotongan wasir menggunakan aliran listrik disebut dengan diatermi atau elektroterapi. Baca juga: obat gonore di apotik

5. Pengikatan Wasir
Pengobatan ini biasanya dilakukan pada pasien yang wasirnya sudah parah namun tidak mau menjalani operasi. Metode ini dilakukan dengan cara melibatkan tali elastis yang diikat kuat pada dasar wasir untuk memotong aliran darah. Tanpa aliran darah, wasir akan terlepas satu minggu setelah menjalani pengikatan wasir. Biasanya akan timbul rasa nyeri namun dokter akan memberikan obat pereda nyeri. Wasir akan terlepas bersamaan saat buang air besar sehingga penderita tidak menyadari bahwa wasirnya telah terlepas.

Nah itulah beberapa metode pengobatan wasir secara medis. Pengobatan medis memang membutuhkan biaya yang ekstra. Namun, dengan melakukan pengobatan secara medis wasir dapat secara cepat diatasi.