Banyak orang yang memiliki penyakit ginjal kronis tidak mengetahuinya, karena tanda awal bisa sangat halus. Perlu waktu bertahun-tahun untuk menjalani penyakit ginjal kronis (CKD) hingga gagal ginjal. Sakit Buah Pinggang

Sakit Buah Pinggang Malaysia

Apa Penyebab Penyakit Ginjal?
Diabetes dan tekanan darah tinggi adalah penyebab utama penyakit ginjal. Kondisi ini menyebabkan sekitar 70 persen kasus gagal ginjal. Seseorang juga berisiko jika mereka memiliki penyakit jantung atau kerabat dekat yang memiliki penyakit ginjal. Tahapan awal tidak memiliki tanda atau gejala. Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah orangtua lansia Anda mengalami masalah ginjal adalah dengan memeriksanya.

Penyakit ginjal tidak hilang. Ini bisa memburuk seiring waktu dan bisa menyebabkan gagal ginjal. Begitu organ ini gagal, satu-satunya pilihan adalah dialisis atau transplantasi ginjal. Penyakit ini bisa diobati. Semakin cepat Anda tahu orang tua Anda memilikinya, semakin cepat Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk menjaga ginjal mereka tetap sehat lebih lama. Berikut adalah tanda dan gejala utama penyakit ginjal yang harus dicari.

1. Perubahan dalam Urination
Bangun di malam hari untuk buang air kecil
Kencing lebih sering dari biasanya
Urin yang berbusa atau berbuih
Kencing kurang sering, atau dalam jumlah yang lebih kecil dari biasanya dengan urine berwarna gelap
Darah dalam urin
Perasaan atau tekanan saat buang air kecil
Kesulitan buang air kecil
2. Bengkak
Gagal ginjal tidak mengeluarkan cairan ekstra. Akibatnya, cairan menumpuk di tubuh menyebabkan bengkak di kaki, pergelangan kaki, kaki, wajah atau tangan.

3. Kelelahan
Bila ginjalnya sehat, mereka membuat hormon yang disebut erythropoietin yang memberitahu tubuh untuk membuat sel darah merah yang membawa oksigen. Saat ginjal gagal, mereka membuat kurang eritropoietin. Dengan lebih sedikit sel darah merah untuk membawa oksigen, otot dan otak menjadi sangat cepat lelah. Kondisi ini dikenal sebagai anemia.

4. Merasa Dingin
Anemia bisa membuat seseorang merasa dingin sepanjang waktu, bahkan di ruangan yang hangat sekalipun.

5. Pusing dan Trouble Concentrating
Anemia terkait gagal ginjal berarti otak tidak mendapatkan cukup oksigen. Hal ini dapat menyebabkan masalah memori, masalah dengan konsentrasi, dan pusing.

6. Sesak Napas
Bila penyakit ginjal hadir, cairan ekstra dalam tubuh bisa terbentuk di paru-paru. Selain itu, anemia bisa membuat tubuh kekurangan oksigen dan sesak nafas.

7. Sakit punggung
Beberapa orang dengan masalah ginjal mungkin memiliki rasa sakit di punggung atau samping yang berhubungan dengan ginjal yang terkena. Penyakit ginjal polikistik, yang menyebabkan kista besar dan berisi cairan pada ginjal dan terkadang hati, dapat menyebabkan rasa sakit.

8. Ruam
Bila ginjal gagal, penumpukan limbah dalam darah bisa menyebabkan gatal-gatal dan ruam kulit yang parah.

9. Rasa metalik di mulut
Penumpukan limbah dalam darah (disebut uremia) dapat membuat makanan terasa berbeda dan menyebabkan bau mulut. Seseorang dengan masalah ginjal mungkin juga memperhatikan adanya rasa logam di mulut. Mereka mungkin tiba-tiba berhenti suka makan daging, atau mereka mungkin menurunkan berat badan karena mereka tidak merasa ingin makan.

10. Mual dan Muntah
Penumpukan limbah yang parah dalam darah (uremia) dapat menyebabkan mual dan muntah.

Menguji Penyakit Ginjal
Jika Anda menduga penyakit ginjal, dapatkan tes darah dan urine untuk memeriksa penyakit ginjal. Tes darah mengukur GFR, yang mengindikasikan seberapa baik ginjal bekerja. GFR adalah singkatan dari laju filtrasi glomerulus.

Tes urine mengukur jumlah protein dalam urin. Protein bisa bocor ke urine saat ginjal tidak bekerja dengan baik. Tanyakan kepada dokter tentang obat tekanan darah yang dapat membantu memperlambat penyakit ginjal.